Advertising

Menjebol Password Hotspot Wifi

Dulu layanan internet masih terbilang "mahal", waktu saya masih SMA (kira-kira sekitar tahun 2001) sewa warnet per-jamnya mencapai Rp. 6000, harga yang lumayan tinggi untuk ukuran uang saat itu, hehehe..Namun sekarang kita bisa menikmatinya dengan harga yang murah, bahkan gratis alias tanpa merogoh kocek sedikitpun. Terutama untuk layanan lewat wifi. Pembangunan hotspot telah menyebar kemana-mana,Perkantoran,Mall, sekolah dan tempat-tempat umum lainnya. Bahkan di daerah saya di Bali, tepatnya di kota Klungkung, telah dibangun area hotspot gratisan unlimited, jadi bisa ngenet tanpa batasan waktu. Untuk tempat charger alias ngecaz laptop-pun disediakan, enak toh? y...jelas, wong gratis..hehehe..
Nah masalahnya tidak semua daerah memiliki fasilitas tersebut, dan tidak semua hotspot mau memberi layanan gratis. Disekitar tempat tinggal saya juga ada beberapa buah hotspot yang terdeteksi oleh laptop saya, awalnya saya sangat senang karena saya pikir saya bisa ngenet gratis tanpa harus keluar rumah dan tentunya tanpa harus membayar (biasa pikiran maruk). Tapi ternyata saat mencoba connect..yah ternyata ada passwordnya, pupus deh harapan saya. Tapi saya tidak menyerah, masak manusia dikalahin benda mati? ya kan?. Lalu saya browsing sana-sini untuk bisa memecahkan masalah ini (maklum saya belajar internet tanpa guru alias otodidak). Singkat kata akhirnya saya menemukan solusinya yaitu dengan cara CRACKING WEP PASSWORD (menjebol password WEP wifi). Berikut saya bagikan tips-nya.

Namun sebelumnya saya tekankan kalau artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana pembelajaran. Segala resiko (dimarahi pemilik hotspot kalau katahuan,hehehe) ditanggung oleh anda sebagai pelaku. Oke langsung saja :

Tips ini hanya berlaku untuk jenis enskripsi kemanan WEP, karena type enskripsi password wifi secara umum ada 2 yaitu WEP dan WPA. Untuk mengetahui jenis enskripsi tersebut dapat anda lacak melalui tool airodump yang akan disertakan dalam rencana penjebolan kali ini.
Yang perlu anda persiapkan adalah :
  1. USB wifi yang support mode injeksi, alatnya mirip flash disk dan harganya bervariasi, USB yang saya pakai merk TPLink dengan harga (dulu Rp. 150.000,sekarang pasti lebih murah). Tidak terlalu mahal kalo melihat manfaat yang akan dihasilkan nanti.
  2. Aplikasi VMWare Workstation 6.5.2 (untuk menjalankan file Russix ISO nantinya, karena file Russix ISO adalah versi LINUX).
  3. File Russix Live CD (ISO) dikembangkan oleh LINUX tapi sekarang sudah tidak diproduksi lagi.
Download VMWare Worksation 6.5.2 disini
Download file Russix Live CD disini

Untuk lebih memudahkan proses download saya sarankan anda untuk register dulu sebelum mendownload file tersebut.

Bagi yang berdomisili di Bali Timur terus males menunggu lama-lama di warnet untuk download (karena file-nya lumayan besar) silahkan hub. +628563777314 saya akan menyediakan kedua file tersebut GRATIS tapi syaratnya harus maen ke tempat saya (karena saya tidak punya ongkos kirim,hehe).

Mari kita mulai satu persatu

Cara instalasi VMWare


Instal VMWare, masukkan activation key-nya (sudah tersedia dalam keygen)
Jalankan VMWare
Klik File>New>Virtual Machine
Lalu ikuti petunjuk gambar
Photobucket
Browse file Russix yang sudah anda download
Photobucket
Untuk selanjutnya samakan dengan gambar
Photobucket
Untuk nama (other linux 64-bit) dibawah ini dapat diganti sesuai keinginan anda
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Klik finish dan selesai, jangan takut hard disk anda cuma terpakai 500MB saja.
Photobucket
Nah jika sudah muncul seperti gambar diatas artinya instalasi telah berjalan dengan baik. Nah kemudian lihat di pojok kanan bawah gambar (yang ada gambar CD, Floopy Disk, dsb), kemudian cari gambar USB Wifi anda (saya klik ralink karena menggunakan TPLINK),klik kanan lalu connect. Muncul tulisan "it's save to remove..." biarkan saja, klik OK.


Nah sekarang waktunya beraksi

Gunakan Russix-nya sekarang


Klik ikon yang ada tanda kursornya (tanda panah) dibawah ini. Pilih Wifi>Wifizoo
Photobucket
Kelihatan kan gambar diatas? hehehe..trus select your card seuai dengan USB wifi yang anda pakai. Saya pilih rausb0 (karena TPLINK disini dibaca rausb0, setiap merk akan mempunyai nama yang berbeda-beda) perhatikan baik-baik nama card tersebut karena nanti akan dimasukkan dalam penulisan kode cracking.
Tahap selanjutnya akan muncul gambar seperti dibawah ini.
Photobucket
Secara otomatis akan terbuka 4 window yaitu SHELL-WIFIZOO, WIFIZOO PY-I RAUSB0 (tergantung USB Wifi yang dipakai), AIRODUMP-NG-RAUSB0, dan WIFIZOO V1.3-CONTROL PANEL (Mozilla Firefox).

Kita fokus pada AIRODUMP-NG-RAUSB0 seperti contoh gambar diatas (ada 3 gateway/hotspot yang terdeteksi). Catat BSSID dan CHANNEL dari hotspot sasaran.
Kalau sudah tutup semua window, klik shell-konsole (kotak hitam yang ada di pojok kiri bawah gambar diatas, kelihatan kan?). Trus ketikkan kode di bawah ini

Keterangan
airodump-ng Kode awal crack (wajib ditulis),kalau menggunakan linux harus pakai sudo airodump-ng.
c adalah channel dari hotspot sasaran (saya contohkan dengan channel 7). Ganti sesuai channel sasaran anda.
w tempat penyimpanan data hasil crack (IVs).
rausb0 adalah USB wifi yang dipakai.

Supaya capturenya cepet, cari posisi yg paling enak signalnya (cari yg strength, paling kuat). Ditempat saya low makanya butuh 1 jam lebih buat capturing. Jangan close shell - airodump-ng (windownya) sampe kapanpun karena kalo tak sengaja di close sayang mesti capturing lagi dari step nomor 4.

Setelah dirasa data (IVs) yang dikumpulkan sudah memadai (minimal 5000, lihat pada badian #data, sebelah kanan BSSID). Kalo saya membutuhkan 15000 IVs, jangan berkecil hati karena setelah IVs mencukupi dijamin tidak akan ada istilah "GAGAL". Kecepatan capturing sangat ditentukan oleh kekuatan sinyal dan trafik data di udara.
Nah inilah titik puncaknya setelah dirasa cukup, klik shell-konsole sekali lagi lalu ketikkan kode dibawah ini


Maka akan muncul gambar seperti dibawah
Photobucket
Setelah password ditemukan maka akan muncul
Photobucket
Photobucket
Bila yang muncul seperti gambar diatas berarti IVs-nya masih belum mencukupi, tunggu sampai IVS bertambah banyak dan coba lagi.

Silahkan mencoba, gud luck....

note: bila ada kesulitan dalam penerapannya silahkan tinggalkan pesan dikotak komentar

0 komentar on Menjebol Password Hotspot Wifi :

Posting Komentar